HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI KLINIK X DI KABUPATEN TANGERANG

Mia Rohmatudzakiyyah, Andiyani Rahmah Fahriyati, Agung Dewantoro, Irwan Hartono, Wahyu Sobirin

Abstract


Pelayanan publik yang paling dibutuhkan masyarakat saat ini adalah Pelayanan kesehatan. Berbagai fasilitas kesehatan seperti klinik telah dikembangkan di setiap daerah untuk memungkinkan masyarakat memilih perawatan medis yang mereka butuhkan dan inginkan. Untuk meningkatkan jumlah pelanggan, penting untuk mempertimbangkan variabel yang dapat mempengaruhi kedatangan pelanggan sehingga terciptanya loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan adalah tanda kepuasan pelanggan yang berkelanjutan yang ditunjukkan dengan penggunaan layanan kesehatan secara terus menerus dan berulang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan April tahun 2024 dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 350 responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan (p-value 0.019). Kesimpulan Peneliti berharap klinik dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan sehingga pasien semakin puas terhadap pelayanan yang diberikan sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.


Keywords


Pelayanan Kefarmasian, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Adityama, Alif, and Engkur. 2020. “Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas (Studi Kasus Pada Pasien RSU. Persahabatan).”

Afifah, Emmatul. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Klinik MMC (Muhammadiyah Medical Center).”

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang. 2023. “Data Statistik Sektoral Kabupaten Tangerang Tahun 2023 I.” Kabupaten Tangerang.

Hasanah, Diny Febrianyu, Erliany Syaodih, Nining Handayani, and Kahar Mulyani. 2023. “Pengaruh Mutu Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Di Klinik Pratama Manshurin Bandung.” Prosiding Magister Manajemen ARS University. Vol. 1.

Mangindara, Dian Ekawaty, Sriyani Windarti, Nurul Azizyah Aksha, and Andi Nailah Amirullah. 2023. “Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Loyalitas Pasien Di Instalasi Rawat Inap RSUD Labuang Baji Makassar.” Miracle Journal of Public Health (MJPH) 6 (1). https://doi.org/10.36566/mjph/Vol6.Iss1/303.

Najib, Khoiri, Himawan Agung Nugroho, Moh Sholihin, and Riza Fathonah. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di RSUD Saptosari Gunungkidul Yogyakarta.” Jurnal MANISE “Manajemen, Bisnis, Dan Ekonomi” 1 (1).

Permenkes No 9. 2014. “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Klinik.”

Pratama, I Gede Arya, Putu Herny Susanti, and Putu Atim Purwaningrat. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Di PT. Sejahtera Indobali Trada Benoa).” Jurnal Manajemen, Kewirausahaan 1 (4): 1388– 97.

Setiawan, M. Dwi, Farah Fauziah, Maysara Edriani, and Fitriani P Gurning. 2022. “Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional (A: Systematic Review).” Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (2): 12869–73.

Setiawan, Moh Ajie Wahyu. 2022. “Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Loyalitas Pelanggan Pada Nasabah Pt. ‘X’ Cabang Pamolokan Sumenep.” Jurnal Penelitian Psikologi 9 (4).

Wijaya, Petra Surya Mega, and Risela Lomi. 2019. “Analisis Pengaruh Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta.”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.