HUBUNGAN KEBISINGAN DENGAN STRES KERJA PADA PEKERJA DI PT. X

Tri Okta Ratnaningtyas, Nurwulan Adi Ismaya, Lela Kania Rahsa Puji, Nur Hasanah, Mirta Sepi Afriyani

Abstract


Bising, salah satu masalah utama kesehatan di negara-negara industri dan merupakan sumber utama dari stres. Data WHO menyebutkan bising melebihi 90 dB di tempat kerja memapar tenaga kerja di negara industri dengan total hampir 14% dan bising lebih dari 85dB juga diperkirakan memapar 20 juta orang Amerika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kebisingan dengan stres kerja pada pekerja di PT. X tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan kuantitatif serta desain studi cross sectional. Besar sampel penelitian berjumlah 82 pekerja. Purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel dalam studi ini. Sound Level Meter dan kuesioner merupakan alat pengumpulan data dalam studi ini. Univariat dan bivariat (dengan uji chi square) adalah analisis data yang digunakan dalam studi ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa ada hubungan antara kebisingan dengan stres kerja (p-value = 0,018 < α = 0,05).

Keywords


Lingkungan Kerja; Kebisingan; Stres Kerja; Pekerja

Full Text:

PDF

References


Alimul, Aziz. 2006. Kebutuhan Dasar Manusia Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Anies. 2005. Penyakit Akibat Kerja Berbagai Penyakit Akibat Lingkungan Kerja dan Upaya Penanggulangannya. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Anies. 2014. Kedokteran Okupasi Berbagai Penyakit Akibat Kerja dan Upaya Penanggulangan dari Aspek Kedokteran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Anoraga, P. 2006. Pengantar Pasar Modal. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiman A., Muis M., dan Wahyuni A. 2014. Hubungan Intensitas Kebisingan dengan Stres Kerja pada Pekerja Kantor Bandara Domini Eduard Osok Sorong.

Budiono. 2003. Bunga Rampai Hiperkes dan Kesehatan Kerja. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Fooladi M.M. 2012. Involuntary and Persistent Environmental Noise Influences Health and Hearing in Beirut, Lebanon. J. Environ Public Health.

Hariandja, M.T.E. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Iin, M. 2012. Faktor-Faktor Penyebab Stres Kerja di Ruangan ICU Pelayanan Jantung Terpadu dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Program Sarjana Keperawatan.

Nawawinetu, E. D. dan Adriyani, R. 2007. Stress Akibat Kerja pada Tenaga Kerja yang Terpapar Bising. The Indonesian Journal of Public Health.

Nelson, D.I., Nelson, R.Y., Concha-Barrienthos, M., Fingerhut, M. 2005. The Global Burden of Occupational Noise-Induced Hearing Loss. Am J Ind Med.

Pramanos. 2015. Pengaruh Shift Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Pramuniaga di PT Circleka Indonesia Utama Cabang Yogyakarta. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Suma’mur. 1996. Higene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung.

Suma’mur. 2014. Kesehatan Kerja dalam Prespektif Hiperkes dan Keselamatan Kerja. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tarwaka, Sholichul, dan Lilik Sudiajeng. 2004. Ergonomi untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Produktivitas. Surakarta: UNIBA Press




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/edj.v5i1.95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tri Okta Ratnaningtyas, Nurwulan Adi Ismaya, Lela Kania Rahsa Puji, Nur Hasanah, Mirta Sepi Afriyani



Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 089529263441


Lisensi Creative Commons

Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat by the Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang is distributed under the Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Based on the work at http://openjournal.wdh.ac.id/.