ANALISIS DETERMINAN KELELAHAN KERJA PADA PEKERJA PT. PLN SAWANGAN (BAGIAN PELAYANAN TEKNIK)

Fenita Purnama Sari Indah, Firdha Senja Maelaningsih, Nabila Febriyanti

Abstract


Kelelahan kerja menyebabkan kasus kecelakaan kerja dan berakibat dua juta pekerja meninggal dunia hampir setiap tahunnya.  Selain itu, data menyebutkan bahwa sebanyak 32,8% atau sekitar 18.828 kasus dari  58.115 sampel dinyatakan kelelahan kerja. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi determinan variabel independen (umur, shift kerja, masa kerja waktu istirahat dan indeks massa tubuh (IMT) dengan variabel dependen yaitu kelelahan kerja pada pekerja di PT PLN.  Penelitian ini berupa penelitian analitik, menggunakan pendekatan kuantitatif serta desain cross sectional yang menggunakan data primer. Sampel pada penelitian ini merupakan seluruh pekerja di bagian pelayanan teknik PT. PLN (Persero) Sawangan berjumlah 45 pekerja, dengan teknik total sampling. Berdasarkan hasil penelitian frekuensi kelelahan pada pekerja pelayanan teknik PT. PLN (Persero) Sawangan, sebagian besar mengalami kelelahan kerja tinggi yaitu sebanyak 82,2%. Berdasarkan analisis bivariat dapat diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan antara umur (p value=0,037), masa kerja (p value=0,000), dan waktu istirahat (p value=0,000), dengan kelelahan kerja dan diketahui tidak ada` hubungan yang signifikan antara shift kerja (p value=0,469) dan indeks massa tubuh (IMT) (p value=0,156) dengan kelelahan kerja. Berdasarkan hasil penelitian ini, untuk dapat mengurangi kelelahan kerja disarankan bagi pekerja untuk mengoptimalkan  dan memanfaatkan waktu istirahat yang sudah diberikan. Selain itu, pada saat sela-sela pekerjaannya, disarankan untuk meregangkan otot.

Keywords


Indeks Massa Tubuh; Kelelahan Kerja; Shift Kerja; Masa Kerja Waktu Istirahat

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Aulia. 2019. “Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Bagian Produksi Di Departemen Offset PT. Sakata Inx Indonesia Kota Tangerang”. Skripsi Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat. STIKes Kharisma Persada. Pamulang.

Fitri, Ilham, Fadilah. 2016. Pengaruh Intellectual Capital Terhadap NilaiPerusahaan dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur. Artikel Ilmiah. Sekolah Perbanas Surabaya.

Mahardika, Putri. 2017. “Faktor yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Pengisian Tabung Depot LPG PT. Pertamina (Persero) MOR VII Makassar Tahun 2017”.Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Umyati. 2010. Faktor-Faktor Yang Berhubunga dengan Kelelahan Kerja pada Pekerja Penjahit Sektor Usaha Informal di Wilayah Ketapang CipondohTangerang. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

WHO. 2013. A global brief on Hypertension: silent killer,global public Health Crises (World Health Day 2013). Geneva: WHO.

Muizzudin, Ahmad. 2013. Hubungan Kelelahan Dengan Produktivitas Kerja Pada Pekerja Tenun di PT. Alkatex Tegal. Unnes Journal of Public Health, 2 (4), 1-8.

Martiwi, Rita., Koesyanto Herry dan Pawenang, Eram Tunggul. 2017. Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja Pada Pembangunan Gedung. Jurnal Higeia 1 (4), 61-71.

Medianto, D. 2017. Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pada Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. In Jurnal Kesehatan Masyarakat. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Muhammadiyah Semarang

Narpati, Jalu Risang., Ekawati, Wahyuni, Ida. 2019. Hubungan Beban Kerja Fisik, Frekuensi Olahraga, Lama Tidur, Waktu Istirahat Dan Waktu Kerja Dengan Kelelahan Kerja (Studi kasus pada pekerja Laundry Bagian Produksi Di CV.X Tembalang, Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) 7 (1), 337-344.

.




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/edj.v5i1.99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fenita Purnama Sari Indah, Firdha Senja Maelaningsih, Nabila Febriyanti



Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 089529263441


Lisensi Creative Commons

Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat by the Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang is distributed under the Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Based on the work at http://openjournal.wdh.ac.id/.