SOCIAL RESTRICTIONS COUNSELING ON OUTPATIENT VISITS WITH 6M TO PREVENT COVID 19 ON THE LOYALITY OF OUTPATIENTS AT THE BUNDA SEJATI HOSPITAL DURING THE COVID 19 PANDEMIC

RISKA EDWI MEILIA, AYAMAH AYAMAH, SHINTA NUR AZIZAH

Abstract


ABSTRACT

 

The Covid-19 pandemic is a phenomenon that occurs globally and has an impact on all sectors, one of which is health care institutions. Bunda Sejati Hospital experienced a decrease in outpatient services in January from 657 patients to 278 patients in august in increasing outpatient loyality. Problems related to treatment at the public anxiety hospital will be re-medicated because of the covid pandemic, socialization can be done by making pamphlets on the terms and conitions of true mothers. The pamphlets made refer to government regulations in reducing the spread of covid 19, namely wearing masks, washing hands, avoiding crowds, avoiding eating together, keeping a distance and not gathering. The purpose of this community service is that people can understand and reduce anxiety about the spread of infectious diseases with a more compartable and safe feeling. The results of this activity increase the knowledge of outpatient visitors at Bunda Hospital about 6M preventing Covid 19, social restrictions during a pandemic and clean and healthy living behavior.

 

Keywords : social distancing, patient loyalty, Covid-19 pandemic

 

PENYULUHAN TENTANG PEMBATASAN SOSIAL KUNJUNGAN RAWAT JALAN DENGAN 6M UNTUK MENCEGAH COVID 19 TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT BUNDA SEJATI SELAMA PANDEMI COVID-19

 

ABSTRAK

 

Pandemi Covid-19 merupakan fenomena yang terjadi secara global dan berdampak pada semua sektor, salah satunya institusi pelayanan kesehatan. Rumah Sakit Bunda Sejati mengalami penurunan pelayanan rawat jalan pada bulan Januari 657 pasien menjadi 278 pasien pada bulan Agustus dalam meningkatkan loyalitas pasien rawat jalan. permasalahan terkait berobat di RS kecemasan masyarakat akan berobat ulang karena adanya pandemi covid dapat dilakukan sosialisasi dengan pembuatan pamflet syarat dan ketentuan Bunda sejati. Adapun pamflet yang dibuat merujuk pada peraturan pemerintah dalam mengurangi angka penyebaran covid 19 yaitu memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, menghindari makan bersama, jaga jarak dan tidak berkumpul. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah masyarakat dapat memahami dan mengurangi kecemasan akan penyebaran penyakit menular dengan perasaan yang lebih nyaman dan aman. Hasil dari kegiatan ini menambah pengetahuan pengunjung pasien rawat jalan di Rumah Sakit Bunda tentang 6M cegah Covid-19, pembatasan social di masa pandemic dan prilaku hidup bersih dan sehat.

 

Kata Kunci : pembatasan sosial, loyalitas pasien, pandemi Covid-19

 

 


Keywords


social distancing; patient loyalty; Covid-19 pandemic

Full Text:

PDF

References


Basuki, K. 2019. ‘Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Islam Malahayati Dalam Meningkatkan Kunjungan Pasien di Kota Medan’. Jurnal Online Internasional & Nasional. 53(9): 1689–1699.

Gunawan, Putra. 2021. Pengaruh Penerapan TQM (Total Quality Manajemen) Partisipasi Anggaran dan Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. RM Pratomo Bagansiapiapi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Julianti, I., & Delliana, S. 2020. ‘Rebel Together Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Madformakeup di Tengah Pandemi COVID-19’. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi. 4(2): 207–228.

Nasruddin, R., & Haq, I. 2020. ‘Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah’. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. 7(7): 639-648.

Sukoco, B. M., & Hartawan, R. A. 2011. ‘Pengaruh Pengalaman Dan Keterikatan Emosional Pada Merk Terhadap Loyalitas Konsumen’. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan. 4(3), 1–12.




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/jam.v3i2.459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.