PSYCHOLOGICAL FIRST AID (PFA): PENANGGULANGAN KESIAPSIAGAAN BENCANA (PROTOKOL KESELAMATAN SEKOLAH)

Yulia Yulia, Rohanah Rohanah, Lailatul Qomariyah, Ika Suswanti, Ma'muroh Ma'muroh, Anggraini Karditiawati, Doni Mahendra

Abstract


Pertolongan pertama psikologis atau Psychology First Aid (PFA) merupakan tindakan pertama yang dilakukan dalam durasi singkat kepada seseorang yang baru saja mengalami bencana, krisis dan keadaan darurat untuk membantu keadaan pada saat itu. Tujuan dilakukannya pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan penyuluhan dan pelatihan kesehatan mengenai Psychological First Aid (PFA) : Disaster Preparedness Management (School Safety Protocol) di tingkat sekolah dasar (SD). Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode penyuluhan dan pelatihan kebencanaan seperti banjir, kebakaran, gempa, dan lainnya. Antusiasme peserta yang terlibat saat diskusi yaitu dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta dan aktif sharing pengalaman – pengalaman saat kejadian bencana yang pernah dialaminya. Kegiatan Psychology First Aid (PFA) diterima baik serta menjadi antusiasme pihak sekolah dan peningkatan kehadiran dari peserta kegiatan Psychology First Aid (PFA).


Keywords


Psychological First Aid, Pendidikan Kesehatan, Pelatihan Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Annur, C. M. (2023). Jumlah Kejadian Bencana Alam di Indonesia (1 Januari – 31 Desember 2002). Available from: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/04/banjir-sampai-kekeringan-ini-bencana-alam-di-indonesia-pada-2022

Anugrahadi, A. (2023). Kronologi Kebakaran Gedung Sekolah di Jaksel, Api diduga Berasal dari Ruang Serba Guna. Available from: https://www.liputan6.com/news/read/5439296/kronologi-kebakaran-gedung-sekolah-di-jaksel-api-diduga-berasal-dari-ruang-serba-guna?page=2

Everly, G. S. (2018). Psychological First Aid. Available from: https://www.psychologytoday.com/us/blog/when-disaster-strikes-inside-disaster-psychology/201810/psychological-first-aid

Kurniati, E., Adriany, V., Winangsih, I., Marissa El-Siera, R. (2020). Pelatihan Pengurangan Risiko Bencana Bagi Guru Taman Kanak-Kanak di Kota Bandung. Cakwarala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 1–9.

Neneng, N., Puspaningrum, A. S., Lestari, F., & Pratiwi, D. (2021). SMA Tunas Mekar Indonesia Tangguh Bencana. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(6), 335-342.

Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan. (2016). Bencana Alam Yang Terjadi Akibat Faktor Geologi. Available from: https://penanggulangankrisis.kemkes.go.id/bencana-alam-yang-terjadi-akibat-faktor-geologi

Rahmania, A. N. (2022). Gedung Sekolah Di Tebet Kebakaran, Diduga Akibat Arus Pendek. Available from: https://www.medcom.id/nasional/metro/0Kvo80RN-gedung-sekolah-di-tebet-kebakaran-diduga-akibat-arus-pendek

Rahmat, A. & Simbolon, F. P. (2022, Oktober 31). Kerugian Akibat Kebakaran Di Gedung Sekolah SMA 34 Jakarta. Available from: https://www.viva.co.id/berita/metro/1538595-kerugian-akibat-kebakaran-di-gedung-sekolah-sma-34-jakarta

Suhardjo, D. (2011). Arti Penting Pendidikan Mitigasi Bencana Dalam Mengurangi Resiko Bencana. Cakrawala Pendidikan, 174–188.

Uhernik, J. A., & Husson, M. A. (2009). Psychological First Aid: An Evidence Informed Approach for Acute Disaster Behavioral Health Response. In G. R. Walz, J. C. Bleuer, & R. K. Yep (Eds.), Compelling counseling interventions: VISTAS 2009 (pp. 271-280). Alexandria, VA: American Counseling Association.




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/jam.v5i1.793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.