IMPROVING STUDENT AWARENESS RELATED TO THE PREVENTION OF BULLYING AT SCHOOL: CASE IN SD N PENDRIKAN LOR 01 SEMARANG
Abstract
ABSTRACT
Mental health is a health problem that has been in the spotlight recently and is widely discussed. Bullying is a chain that cannot be broken. Bullying cases in Indonesia occupy the top ranking. Many factors that influence children to bully can come from parents, peers, social environmental factors, one of which is poverty. The final factor is the neglect of bullying by the school. Increasing awareness in preventing and how to deal with bullying needs to be given to students in an effort to reduce the number of cases of bullying. The aim of this service is to provide students with an understanding of prevention efforts and how to deal with bullying at school. It is hoped that increasing student awareness about how to prevent and deal with bullying can reduce bullying at school and outside school.
Keywords : Bullying, Student, School
ABSTRAK
Kesehatan mental adalah masalah kesehatan yang menjadi sorotan belakangan ini dan banyak dibicarakan. Bullying merupakan mata rantai yang tidak dapat diputus. Kasus bullying di Indonesia menduduki peringkat teratas. Banyak faktor yang mempengaruhi anak melakukan bullying dapat berasal dari orang tua, teman sebaya, faktor lingkungan sosial salah satunya adalah kemiskinan, Faktor terakhir adalah pengabaian tindakan bullying oleh pihak sekolah. Peningkatan kesadaran dalam upaya pencegahan dan cara menghadapi bullying perlu diberikan kepada siswa dalam upaya menekan jumlah kasus tindakan bullying. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada siswa tentang upaya pencegahan dan cara menghadapi bullying di sekolah. Diharapkan dengan adanya peningkatan kesadaran siswa tentang cara mencegah dan menghadapi bullying dapat menurunkan akan bullying di sekolah maupun di luar sekolah.
Kata Kunci : Bullying, Siswa, Sekolah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Damayanti, R., Hanim, D. W. and Karsih (2016) ‘Studi Kasus Dampak Psikologis Bullying pada Siswa Tunarungu di SMK Negeri 30 Jakarta’, Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), pp. 86–90.
Dewi, P. Y. A. (2020) ‘Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar’, Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), p. 39. doi: 10.55115/edukasi.v1i1.526.
Firdaus, F. M. (2019) ‘Upaya Mengatasi Bullying di Sekolah Dasar dengan Mensinergikan Program Sekolah dan Parenting Program melalui Whole-School Approach’, DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), pp. 49–60. doi: 10.21831/didaktika.v2i2.28098.
Harahap, E. and Ika Saputri, N. M. (2019) ‘Dampak Psikologis Siswa Korban Bullying Di Sma Negeri 1 Barumun’, RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), p. 68. doi: 10.31604/ristekdik.v4i1.68-75.
Intervensi, J. and Jisp, P. (2021) ‘Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini’, Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 2(1), pp. 50–58. doi: 10.30596/jisp.v2i1.3976.
Pendidikan, K. (2003)
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wibowo, H., Fijriani, F. and Krisnanda, V. D. (2021) ‘Fenomena perilaku bullying di sekolah’, Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), pp. 157–166. doi: 10.30998/ocim.v1i2.5888.
ZAKIYAH, E. Z., HUMAEDI, S. and SANTOSO, M. B. (2017) ‘Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying’, Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), pp. 324–330. doi: 10.24198/jppm.v4i2.14352.
DOI: http://dx.doi.org/10.52031/jam.v5i1.805
Refbacks
- There are currently no refbacks.