HUBUNGAN SERVICE QUALITY DENGAN BRAND IMAGE RUMAH SAKIT PADA PASIEN POLI PENYAKIT DALAM DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT “X” KOTA TANGERANG SELATAN
Abstract
ABSTRACT
Based on a preliminary study, data was obtained on the development of patient visits at the outpatient installation of Hospital X, South Tangerang City in the last two years (2022-2023) experienced a quite significant increase, namely as much as 17% compared to last year (2020-2021) an increase of only 13%, with the number of patients in 2022 amounting to 66,235 patients and in 2023 as many as 79,500 patients. Because the increasing volume of patient visits has an impact on reducing the speed of patient treatment and disrupting the focus of health workers in serving patients, this will have an impact on the quality of service received and also the confidence and impression of the hospital in consumer perception. The purpose of this research is the relationship between service quality and hospital brand image for outpatient patients at Hospital X, South Tangerang City. This type of research is quantitative research with a survey method and cross-sectional design. The research population was all patients in internal disease poly outpatient installations, with a sample of 102 respondents. The sampling technique uses nonprobability sampling in the form of accidental sampling. The results of the statistical test research using the Fisher Exact test obtained a p-value (0.000<0.05) which shows that there is a significant relationship between service quality and the hospital brand image for outpatient patients at X, South Tangerang City Hospital. The suggestion is that it is hoped that X South Tangerang City Hospital can continue to improve and maintain service quality, as an effort to improve service quality to be even better, it is hoped that the hospital can expand the parking area in line with the increase in patient visits to outpatient installations so that patients who come can easily park their vehicles.
ABSTRAK
Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh data perkembangan kunjungan pasien pada instalasi rawat jalan Rumah Sakit “X” Kota Tangsel dalam dua tahun terakhir (2022-2023) mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu sebanyak 17% jika dibandingkan dengan tahun 2020-2021 yang peningkatannya sebesar 13%, dengan jumlah pasien pada tahun 2022 sebanyak 66.235 pasien dan pada tahun 2023 sebanyak 79.500 pasien. Karena faktor volume kunjungan pasien yang meningkat tersebut berdampak pada menurunnya kecepatan penanganan pasien dan terganggunya fokus tenaga kesehatan dalam melayani pasien sehingga hal tersebut akan berdampak pada kualitas pelayanan yang diterima dan juga keyakinan dan kesan rumah sakit dalam benak konsumen. Tujuan penelitan ini adalah hubungan service quality dengan brand image rumah sakit Pada Pasien Poli Penyakit Dalam Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit “X” Kota Tangerang Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey dan desain cross-sectional. Populasi penelitian adalah seluruh pasien instalasi rawat jalan poli penyakit dalam, dengan sampel berjumlah 102 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling berupa accidental sampling. Hasil penelitian uji statistik menggunakan uji Fisher exact diperoleh nilai p-value (0,000<0,05) yang menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara service quality dengan brand image rumah sakit Pada Pasien Poli Penyakit Dalam Di Instalasi Rawat Jalan RS “X” Kota Tangsel. Saran diharapkan RS “X” Kota Tangsel dapat terus meningkatkan dan menjaga service quality, sebagai upaya untuk meningkatkan service quality menjadi lebih baik lagi diharapkan agar rumah sakit dapat memperluas lahan parkir seiring dengan peningkatan kunjungan pasien instalasi rawat jalan agar pasien yang datang dapat dengan mudah untuk memarkirkan kendaraannya.
Full Text:
PDFReferences
Alim, A., Tangdilambi, N., & Badwi, A. Jurnal Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Analitik Terhadap Pasien Rawat Jalan di RSUD Makassar). Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 2019; 5(2), 165. https://doi.org/10.29241/jmk.v5i2.164
Aprianti, I. 2019. Hubungan Antara Brand image Dengan Tingkat Kunjungan Balik Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar Tahun 2019. 1–154.
Badan Pusat Statistik Kota Tangerang Selatan. 2024. Kota Tangerang Selatan Dalam Angka. Tangerang Selatan BPS Kota Tangerang Selatan.
Fitriana, A. N., Prayitno, S., & Ratnawati, R. Hubungan Service quality Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Poli Paru Revisiting Polypulmonary Patients Manguharjo Madiun Tahun 2023. Health Information: Jurnal Penelitian; 2023.
Halida, U., Anwari, A. Z., Setiandari, E. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Poli Umum Di Puskesmas Sungai Jingah Banjarmasin (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB); 2020.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan No 3 Tahun 2020. Jakarta: 2020. Kemenkes RI.
Marlindawaty. Kualitas Pelayanan Administrasi Publik Di Kelurahan Sepinggan Raya Kota Balikpapan. Jurnal Geoekonomi, 2020; 11(2), 229-240.
Maqrifah. Pengaruh Brand image Terhadap Keputusan Pasien Menggunakan Layanan Kesehatan Pada Instalasi Rawat Jalan Dan Rawat Inap Rsia Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Makassar Tahun 2017. Skripsi, Universitas Islam Negeri Alaluddin Makasar; 2018.
Riansyah, F., Saputra, I., Taufik, M., & Halizasia, G. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Brand image Rumah Sakit Umum Sakinah Lhoksemawe, Aceh, 2023; 1(1), 36–42.
DOI: http://dx.doi.org/10.52031/map.v4i2.937
Refbacks
- There are currently no refbacks.