HUBUNGAN PELAYANAN RESEP TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI APOTEK X

Neneng Sri Purwaningsih, Holidah Holidah, Putri Oktanora Azzura

Abstract


Pelayanan resep merupakan salah satu bentuk pelayanan kefarmasian yang penting di apotek karena berkaitan langsung dengan kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan indikator kualitas pelayanan yang dapat memengaruhi kepercayaan dan kepatuhan dalam penggunaan obat. Apotek X di Tangerang Selatan mengalami peningkatan jumlah pengunjung, namun belum diketahui sejauh mana hubungan antara kualitas pelayanan resep dengan tingkat kepuasan pasien. Kepuasan   konsumen merupakan  indikator  penilaian  baik  atau  buruknya  pelayanan  yang  diberikan  kepada  konsumen Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pelayanan resep dengan tingkat kepuasan pasien di Apotek X. Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan pendekatan cross sectional . Pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling terhadap 50 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji chi-square dengan tingkat signifikansi 0,10. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan resep yang terdiri dari aspek ketepatan, kecepatan, penyampaian informasi, dan ketersediaan obat memiliki hubungan yang signifikan terhadap dimensi kepuasan pasien seperti keandalan, responsivitas, jaminan, empati, dan bukti fisik (tangible). Nilai signifikansi uji chi-square menunjukkan adanya hubungan bermakna antara pelayanan resep dengan tingkat kepuasan pasien (p< 0,10). Kesimpulan:Terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan resep dengan tingkat kepuasan pasien di Apotek X Tangerang Selatan.


Keywords


Apotek, Pelayanan Resep, Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF

References


Alodan, A., Alalshaikh, G., Alqasabi, H., Alomran, S., Abdelhadi, A., and Alkhayyal, B. (2020). Studying the Efficiency of Waiting Time in Outpatient Pharmacy. MethodsX, 7, 100913.

Anggriani, R. D., & Wulandari, L. P. (2019). Hubungan Komunikasi Apoteker Dengan Kepuasan Pasien Di Apotek. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan, 6(2), 156–162.

Annafiatuzakiah, A., Rahmaniar, R., & Utami, D. (2025). Pelayanan Kefarmasian Di Apotek: Tinjauan Terhadap Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian. Jurnal Farmasi Indonesia, 50(1), 45–52.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arisanthi, L. C., Hasina, R., & Puspitasari, C. E. (2023). Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Pelayanan Resep di Apotek Kimia Farma 189 Mataram Periode Februari 2022. JURNAL FARMASI GALENIKA, 10(1), 80–91. https://doi.org/10.70410/jfg.v10i1.214Darmawan, D. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djo, T. A., & Yuswantina, R. (2021). Analisa Hubungan Waktu Tunggu dengan Tingkat Kepuasan Pasien pada Pelayanan Resep di Apotek Kairos Farma Oesapa Kupang. Repository Universitas Ngudi Waluyo. https://repository2.unw.ac.id/1728/

Elbar, H. (2023). Kerja, Profesi, dan Profesional [Makalah tugas akhir mata kuliah Etika Profesi]. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional.

Handayani, S., Prasetyo, B., & Ningsih, F. (2022). Kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Sukamara. Jurnal Pelayanan Kesehatan, 10(1), 55-62.

Hartini, Y. S., & Sulasmono. (2006). Pelayanan Resep Di Apotek. Dalam Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek. Jakarta: Departemen Kesehatan RI

Hervina, H., Harahap, J., & Syamsul, D. (2020). Analisis Kepuasan Pasien Kulit Kelamin terhadap Pelayanan Farmasi di RSUD Dr. RM. Djoelham. Jumantik (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan). https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/kesmas/article/view/5629

Hidayah, Nikmatul., Bachtiar, Adang., Candi, Cicilya. 2024. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit : Systematic Review. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3)

Hurlock, E. B. (2002). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Irawan, H., & Sitanggang, F. (2020). Analisis Kepuasan Pasien Menggunakan Metode Servqual Di Rumah Sakit: Studi Kasus Pada RSUD Kota Medan. Jurnal Manajemen Kesehatan, 15(2), 143-150. https://doi.org/10.1234/jmk.2020.15.2.143

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 73 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Profil Kesehatan Indonesia 2019. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-15). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Lintresa, F., Widyaningsih, R., & Rachmawati, F. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien di Pelayanan Kesehatan. Jurnal Manajemen dan Administrasi Kesehatan, 6(2), 102–110.

Listina, O. (2024). Tingkat Kepuasan Pasien pada Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Apotek Surana Kecamatan Kedungwuni Tahun 2023. Bhamada: Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan, 15(1). https://doi.org/10.36308/jik.v15i1.612

Masturoh, L., & Anggita, A. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Mulyani, M., Fudholi, A., & Satibi, S. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Menggunakan Model Servqual Di Puskesmas Kabupaten Garut. Farmaseutik: Jurnal Ilmu Kefarmasian, 1(1), 1–10.

Nathalia, Dwi, Dede., dan Rozi, Fahrur., 2022. Kepuasan Pasien Di Apotek SM Bekasi Timur. Jurnal Mitra Kesehatan, 04(02), 121-129

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursanti, B., & Afiatul, E. N. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Resep di Apotek K24 Kemakmuran Depok. Jurnal Farmamedika (Pharmamedika Journal), 7(2), 95-103.

Nurmiwiyati, Amelia Oktarina DS, MSG. Aritonang, Kosasih. 2020. The Influence Of Medicine Availability And Quality Of Pharmaceutical Services To Satisfaction And Loyality Of Patients (Study In Mother And Child Hospital Pku Muhammadiyah Cipondoh, Tangerang)

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). Servqual: A Multiple-Item Scale For Measuring Consumer Perceptions Of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.

Pemerintah Republik Indonesia. (2009). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 124.

Polit, D. F., & Beck, C. T. (2017). Nursing Research: Generating And Assessing Evidence For Nursing Practice (10th ed.). Wolters Kluwer.

Satibi, M., Suryanto, E., & Yusrizal, M. (2015). Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek: Panduan Praktis Bagi Apoteker Dan Tenaga Kefarmasian. Penerbit Karya Cendekia.

Siregar, A., Dwi, R., & Prasetyo, E. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit X. Jurnal Manajemen Kesehatan, 13(2), 129-135.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta)

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi terbaru). Bandung: Alfabeta.

Suharyadi, S., & Purwanto, S. K. (2016). Statistik Untuk Ekonomi Dan Keuangan Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Sulistya, Y. A., Pramestutie, H. R., & Sidharta, B. (2017). Profil Kualitas Pelayanan Resep Oleh Apoteker Di Beberapa Apotek. Pharmaceutical Journal of Indonesia, 3(1), 1–9.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185.

Walukow, M. R. F., Montolalu, R. I., & Pangalila, T. A. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan BPJS di Puskesmas Bahu Kota Manado. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat Unsrat, 6(6), 1–10.

World Health Organization (WHO). (2011). Gender, Women and Health: What do we mean by “sex” and “gender”? Geneva: WHO

World Health Organization. (2011). Medicines Use in Primary Care in Developing and Transitional Countries: Fact Book Summarizing Results from the WHO Study on Rational Drug Use. Geneva: World Health Organization.

Yulia, D., & Pabanne, R. (2025). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Apotek. Jurnal Ilmu Kefarmasian dan Pelayanan Kesehatan, 10(1), 12–20.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (Edisi ke-7). New York: McGraw-Hill Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.