KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DAN LOKASI DENGAN LOYALITAS KONSUMEN DI APOTEK X KABUPATEN BOGOR

Andriyani Rahmah Fahriati, Rosmia Handayani Putri, Siti Novy Romlah, Nurmiwiyati Nurmiwiyati, Ahmad Sopian, Siva Fauziah, Fransiskus Agus Priono, Ricky Chaerul Yazid

Abstract


Pelayanan yang tepat memberikan kepuasan dan loyalitas bagi pelanggan. Seperti bisnis lainnya, apotek juga memerlukan loyalitas pelanggan untuk keberlanjutan perusahaan. Loyalitas penting mengingat persaingan di industri farmasi yang ketat, sehingga bisnis perlu memberikan layanan unggul agar memiliki daya saing. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas konsumen di Apotek X Kabupaten Bogor. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan survey analitik dengan pendekatan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret – Mei tahun 2024 di Apotek X Kabupaten Bogor dengan menggunakan kuisioner sebagai instrument penelitian. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 341 responden yang diambil secara acak. Kualitas pelayanan, Lokasi dan Loyalitas Konsemen diukur dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menggunakan analisis korelasi spearman rank test dapat diketahui bahwa nilai koefisien korelasi antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,252 dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 pada tingkat taraf kepercayaan 0.05 atau 95%. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen dengan Tingkat hubungan yang rendah. Berdasarkan pengujian menggunakan analisis korelasi spearman rank test dapat diketahui bahwa nilai koefisien korelasi antara lokasi terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,275 dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 pada tingkat taraf kepercayaan 0.05 atau 95%. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan antara lokasi terhadap loyalitas konsumen yang berarti hubungan kedua variable tersebut rendah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kualitas pelayanan dan lokasi dinilai sangat baik, serta loyalitas konsumen sangat tinggi, hubungan antara kualitas pelayanan kefarmasian terhadap loyalitas konsumen masih tergolong rendah

Keywords


Kualitas_Pelayanan, Lokasi, Loyalitas_Konsumen, Apotek

Full Text:

PDF

References


Afifah, T. N., Putri, S., Erinaputri, N., Maghfiroh, S. A., Yusuf, H. A., Adristi, K., Heri Iswanto, A., Kesehatan, F. I., Masyarakat, K., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Jakarta, ". (2023). Analisis Pengaruh Pemilihan Lokasi Apotek Terhadap Keputusan Pembelian Obat Di Indonesia. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Gizi ( JIG ), 1(3), 65–77. https://doi.org/10.55606/jikg.v1i3.1384.

Arief, hanif, Nugraheni, W. P., Riyadina, W., Wijayanti, E., Purwoko, E., Ahmad, A., Radiwan, Stephanie, N., Rachmawati, T., Suryaputri, I. Y., Hermawan, A., Letelay, A. M., Sitorus, N., Lasut, D., Agustiya, R. I., Kristinnelie, & Kusumajadi, M. (2022). Kebijakan Pembangunan Kesehatan : Pemerataan Pelayanan Kesehatan Menuju Pondasi Indonesia Emas 2045 (Vol. 1, Issue April). https://www.researchgate.net/publication/369884268

Dalton, K., & Byrne, S. (2017). Role of the pharmacist in reducing healthcare costs: current insights. Integrated Pharmacy Research and Practice, Volume 6, 37– 46. https://doi.org/10.2147/iprp.s108047

Fahriati, A.R., Rohmatudzakiyyah, M., Dewantoro, A., Kuncoro, D.D, Priono, F.A., Yazid R.C, Nurina, S.S. 2025. Hubungan Kualitas Pelayanan Kefarmasian dan Lokasi terhadap Loyalutas di Klinik X Kabupaten Tangerang. Edu Masda Journal, 9 (1), 12-22.

Herrin, N. N. P., & Mashariono. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Apotek Nindya Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(8), 1–16.

Lubis, N. 2022 Hubungan Kualitas Pelayanan dan Pemilihan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasiendi Klinik Pratama Bunda Sejati. (Skripsi). Tangerang Selatan. Jurusan Farmasi. STIKes WDH.

Munisih, S., & Malik, D. (2020). Pengaruh Kualitas Obat terhadap Nilai Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan di Apotek Dela Semarang. Media Farmasi Indonesia, 14(2).

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi. Halaman 89 - 107

Vidiarti, R., Mahardian.K, A., & fungie galistiani, G. (2012). the Effect of Service Quality on Customer Loyalty of Mandiri Bank Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 1(1), 157–167.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.