EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI BERBASIS WEBSITE RELAXAMIND TERHADAP REMAJA

Tita Hardianti, Veri Veri, Gita Ayuningtyas, Vita Oktaviana, Zalva Salma Oktabila, Rahmatilah Nadia

Abstract


Stress merupakan respons individu terhadap keadaan atau kejadian yang diakibatkan stressor yang mengancam dan mengganggu kemampuan koping seseorang (Barseli Mufadhal, 2017). Data WHO ada sekitar 350 juta penduduk dunia yang mengalami stress, Tujuan penelitian ini menilai gambaran tingkat stress pada siswa/i kelas XI SMK Sasmita Jaya 1. Metode program diatas adalah menggunakan penelitian mix methods dengan menggunakan focus group discussion, studi literature, observasi. Focus group discussion berisi tentang pertanyaan dan suatu pendapat tentang diskusi untuk acuan penelitian, studi literature berisi tentang temuan hasil penelitian, observasi dilakukan pada penggunaan aplikasi berbasis website "RelaxaMind" Hasil penelitian rata rata tingkat stress sebelum dilakukan penggunaan aplikasi berbasis website "RelaxaMind" adalah 2.05 dan setelah dilakukan penggunaan aplikasi berbasis website adalah 1.45 artinya ada penurunan berdasarkan ouput Paired Sample T Test nilai Sig. nilai nya sebesar 0, 000 < 0, 05. Dapat disimpulkan ada efektivitas penggunaan aplikasi berbasis website " RelaxaMind terhadap remajaSMK Sasmita Jaya

1. Hasil menurun nya tingkat stress sebelum dan setelah dilakukan nya pengukuran tingkat stress dan menggunakan terapi berbasis website "RelaxaMind" pada tingkat stress remajaSmk Sasmita Jaya 1 didapat kan mayoritas peningkatan tingkat stress dan setelah diberikan edukasi dan terapi berbasis website dan terjadinya penurunan tingkat stress pada siswa/siswi kelas XI di Smk Sasmita Jaya

Keywords


Aplikasi berbasis website; Remaja; Stress

Full Text:

PDF

References


Agus, R. M. (2020). Tingkat kepercayaan diri remaja. Edukasimu.org, 1–9.

Aini, D. N. (2022). Tingkat Stress pada Siswa. Jurnal Universits Muhamadiyah Gombon, 57.

Aprilianto, M. (2020). Tingkat kebugaran jasmani pada tahap perkembangan remaja. edukasimu.org, 1-9.

Astuti., N. (2024). cara melakukan butterfly hug. Jurnal kampus akademik, 62-75.

Aulia S., D. (2019). Kesejahteraan psikologis dan tingkat stress pada mahasiswa tingkat akhir. Gudang jurnal ilmu kesehatan, 127-134.

Azzahra, F. D. (2019). Farmakoterapi Gangguan tingkat stress. Jurnal OsadhaWedyah, 96-103.

Berek, F. a. (2020). Kepatuhan diri pasien stress. Jurnal sahabat keperawatan, 44-55. Chen, e. a. (2021). Overview of mental health. Jurnal kedokteran dan ilmu kesehatan, 3-12.

Chou, Y. H. (2023). Personalization in digital mental health apps dan program terapi. Journal of behavioral health technology, 101-115.

Darmadi, e. a. (2020). Penurunan tingkat stress dengan imajinasi terbimbing. Jurnal keperawatan Alauddin scientific, 42-54.

Dharma, B. (2022). Problem solving mengatasi kejenuhan pada teknik afirmasi untuk remaja. Journal peradaban masyarakat, 29-32.

Dwi, N. A. (2018). Pengaruh terapi relaksasi nafas pada stress. Jurnal STIkes Husada Semarang, 2-8.

A. , ,. T. (2024). Pelaksanaan terapi aplikasi berbasis website. Jurnal digital wellnes, 98- 110.

Fitri, A. (2023). Terapi mindfullness untuk meningkatkan adaptasi dan mengurangi gangguan psikologis. Jurnal keperawatan silampari, 1295-1302.

Gomes, L. M. (2019). Physicological well-being. Jurnal ilmu keperawatan dan kesehatan mental remaja, 15-23.

Hamzah, B. (2020). Faktor faktor yang berhubungan dengan tingkat stress akademik .Indonesian journal for health sciences, 59-67.

Hantoro, A. m. (2018). Motivasi berprestasi dengan stress akademik. Jurnal empati, 296- 302.

Haryati, A., Andani, U., Beta, H. J., & Anggraini, M. (2021). The Application of Crisis Counseling in Shaping the Adolescent Self-Concept of the Family Broken Home. JURNAL ILMIAH SYIAR, 21(02), 108-115.

Hilton, e. a. (2017). Meditation mindfullness for chronic pain. Jurnal Medis Indonesia, 199-213.

Hosker, e. a. (2019). Promoting mental health . Journal physical activity, 93-171. Huberty, e. a. (2019). Testing the efficacy of a mindfullness meditation monile app. Nusantara Hasana Journal, 91-95.

Hwang. (2022). Music and music therapy. Journal of music, 1-26.

Ichsanudin. (2020). Tingkat motivasi remaja. Journal of physical education, 10-13. Indira, I. E. (2016). Stress Questionnaire : stress investigation. Dermatology Perspective Journal, 1-7.

Irawan, e. a. (2020). Pembentukan konsep diri remaja. Window of public health journal, 48 58.

Lintiya, D. (2015). Penerapan terapi musik pada tingkat stress. Jurnal Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 31-36.

M, E. (2021). Gambaran stress akademik pada mahasiswa. Journal of education, 4-6

Mufadhal,B. (2020). Konsep stress akademik siswa. Jurnal konseling dan pendidikan,

-148.

NAMHS, I. (2022). Laporan penelitian I-NAMHS. Sleman: Pusat Kesehatan Reproduksi.

Nasuha, W. (2018). Jurnal pengaruh teknik relaksasi nafas dalam. Jurnal abdimas pengabdian masyarakat, 167-169.

Oktavia. (2018). Efektivitas mindfullness dalam menurunkan kesepian remaja. Jurnal publikasi UIN Surabaya, 77-81.

Palenzuela L. (2022). Self concept. Jurnal physical activity, 36-45.

Pillitteri. (2020). Privasi keamanan website. Jurnal praktik terbaik keamanan website, 838- 842.

Purwanti, T. (2021). Butterfly hug. D.I Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Nusantara, 404-409.

Putranto. (2021). Peranan pelatihan meditasi. Jurnal agama buddha dan ilmu pengetahuan, 103-111.

Rimmer, J. (2023). Pendaftaran akun pengguna. Journal digital pada Kesehatan mental digital, 45-58.

Riskesdas. (2018). Cara mengatasi stress dan Mencapai jiwa yang sehat. P2PTM Kemenkes RI, 61-63.

Roswirman. (2021). Peran perawat mengelola stress pada siswa. Jurnal penelitian All fields of science J- LAS, 316-333.

Shirsat, A. (2023). Music therapy in the treatmen of stress. Journal AASERTIVE, 1-7.

Siegel, D. (2024). Pengaturan preferensi website. Journal oddigital health, 78- 93.

Suliman. (2020). Standar operasional prosedur perfoma website. Jurnal sistem informasi dan sistem komputer, 24-32.

Suwardianto, P. (2020). Pengaruh teknik relaksasi nafas dalam. Jurnal ilmiah multi science kesehatan, 97-104.

Syah, d. D. (2024). Terapi guided imagenery terhadap tingkat stress mahasiswa tingkat akhir. Gudang jurnal ilmu kesehatan, 951-958.

Tasalim, R. (2021). Stress akademik dan penanganan nya. Guepedia education, 2- 8.

Torous, e. a. (2019). Manajemen stress remaja. Faletehan Health Journal, 10-15.

Utami. (2022). Penerapan terapi memaafkan untuk mengurangi tingkat stress pada remaja putri. Jurnal UIN Hasanuddin Banten, 285-316.

Yuliandra, e. a. (2020). Development of stress. Jurnal Pendidikan tingkat stress, 18-24.

Yuliandra, F. a. (2019). Pengembangan konsep remaja. Jurnal remaja, 51-55.

Yunita, K. (2022). Pengaruh terapi musik klasik terhadap stress pasien. Jurnal inovasi riset keperawatan, 55-68.

Yuzarion, S. a. (2020). Pembentukkan konsep diri remaja. Jurnal ilmiah keperawatan, 151- 156.

Zaccaria, M. e. (2018). efek terapi relaksasi nafas dalam dan stress psikologi. Journal of clinical phsycology, 625-634.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.