HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN APOTEK SEGER PRIMA KABUPATEN BOGOR

Dewi Indah Kurniawati, Andriyani Rahmah Fahriati, Siti Novy Romlah, Diah Permata Sari, Lina Nafisah

Abstract


ABSTRAK

 

Pelayanan yang tepat memberikan kepuasan dan loyalitas bagi pelanggan. Apotek juga memerlukan loyalitas pelanggan untuk keberlanjutan perusahaan. Loyalitas penting mengingat persaingan di industri farmasi yang ketat, sehingga bisnis perlu memberikan layanan unggul agar memiliki daya saing. Tujuan Peneltian untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas konsumen di Apotek Seger Prima Kabupaten Bogor. Metode Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan survey analitik dengan pendekatan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan februari – maret tahun 2024 di Apotek Seger Prima Kabupaten Bogor dengan menggunakan kuisioner sebagai instrument penelitian. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 341 responden yang diambil secara acak. Kualitas pelayanan, Lokasi dan Loyalitas Konsemen diukur dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menggunakan analisis korelasi spearman rank test dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 pada tingkat taraf kepercayaan 0.05 atau 95% dapat diketahui bahwa nilai koefisien korelasi antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,252. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen dengan tingkat hubungan yang rendah. Nilai koefisien korelasi anatara lokasi terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,275. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan antara lokasi terhadap loyalitas konsumen yang rendah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kualitas pelayanan dan lokasi dinilai sangat baik, serta loyalitas konsumen sangat tinggi, hubungan antara kualitas pelayanan kefarmasian terhadap loyalitas konsumen masih rendah.

 


Keywords


Kualitas Pelayanan; Lokasi; Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

References


A. Pasuraman, 2014. The Behavioral Connsequences of Service Quality, New Jersey : Prentince Hall. Sage Journals of Marketing, Vol 60. Hal 31-46.

Aditya Nugraha, Maulana, Hasna Syafa Mazida, Bingar Herwono, and Filu Marwati Santoso Putri. 2022. “Analisis Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Wonokromo Yogyakarta.” Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI). 5(8):943-48.

Afifah, T. N., Putri, S., Erinaputri, N., Maghfiroh, S. A., Yusuf H. A., Adristi, K., Heri Iswanto, A., Kesehatan, F. I., Masyarakat, K., Pembangunan, U., Veteran, N.” & Jakarta,”. (2023). Analisis Pengaruh Pemilihan Lokasi Apotek Terhadap Keputusan Pembelian Obat di Indonesia. Jurnal Ilmu Kesehatan dan Gizi (JIG), 1 (3), 65-77. https://doi.org/10.5560/jikg.vli3.1384

Agus Dwi Cahya, Ocsalino Damare, & Catur Harjo. (2021). Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Warung Padang Upik. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 105–115. https://doi.org/10.56338/jsm.v8i2. 1645

Anonim, 2004. 2004. “Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Menteri.” https://iaijatim.id/wpcontent/uploads/2019/11/Permenkes-73-2016-Standar- Pelayanan-Kefarmasian-Di-Apotek.pdf.

Arief, hanif, Nugraheni, W. P., Riyadina, W., Wijayanti, E., Purwoko, E., Ahmad, A., Radiwan, Stephanie, N., Rachmawati, T., Suryaputri, I. Y., Hermawan, A., Letelay, A. M., Sitorus, N., Lasut, D., Agustiya, R. I., Kristinnelie, & Kusumajadi, M. (2022). Kebijakan Pembangunan Kesehatan : Pemerataan Pelayanan Kesehatan Menuju Pondasi Indonesia Emas 2045 (Vol. 1, Issue April). https://www.researchgate.net/publication/369884268

Arikunto, Suharsimi. (2014) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Hal 293.

Armelia, M. 2022. Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Apotek Jaya Farma Periode Juli 2022 (Skripsi). Tangerang Selatan. Jurusan Farmasi. STIKes WDH

Dalton, K., & Byrne, S. (2017). Role of the pharmacist in reducing healthcare costs: current insights. Integrated Pharmacy Research and Practice, Volume 6, 37–46. https://doi.org/10.2147/iprp.s1080 47

Dahmiri, & Khalik, I. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Karakteristik Wirausaha dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha. Ekonomis: Journal of Economics and Business. 7(1), 598-605.

Fauziah, D. W. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan dan Harga Obat terhadap Kepuasan Pasien di Apotek Ben Sehat

Herrin, N. N. P., & Mashariono. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Apotek Nindya Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(8), 1–16.

Hs, R., Ilhamuddin, M., Serip, S., & Kunci, K. (2023). Analisis Perbandingan Loyalitas Konsumen Gofood Dan Grabfood Pada Generasi Milenial. 9, 393 – 399.

Ibnu, U., Uis, S., Umar, J. T., Baja, L., Telp, K. B., & Batam, D. P. (2021). Universitas ibnu sina (uis). Jurnal Jumka, 1(1), 49–58.

Istiyawari, L., Hanif, M. R., & Nuswantoro, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. SOLUSI: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 19(3), 191-201

Kotler dan Keller, 2014). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga

Kusyana, D. N. B., & Pratiwi, K. A. (2019). Pengukuran Kualitas Layanan. Widya Manajemen, 1(2), 21–39. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v1i2.354

Lubis, N. 2022 Hubungan Kualitas Pelayanan dan Pemilihan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasiendi Klinik Pratama Bunda Sejati. (Skripsi). Tangerang Selatan. Jurusan Farmasi. STIKes WDH

Maulina, E. V., Ratnasari, D., & Yunitasari, N. (2023). Swamedikasi di Apotek MK: Studi Kepuasan Konsumen. Jurnal Pharmascience, 10(2), 223-234.

Mukaddas, A., Zubair, M. S., & Yusriadi, Y. (2019). Apotek Pendidikan Tadulako: Implementasi Pharmaceutical Care Secara Professional Pada Lingkup Farmasi Komunitas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(4), 865. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i4.11984

Munisih, S., & Malik, D. (2020). Pengaruh Kualitas Obat terhadap Nilai Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan di Apotek Dela Semarang. Media Farmasi Indonesia, 14(2).

Ningrum, E. S., Jayadipraja, J., & Nurzalmariah, W. O. S. (2021). Hubungan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien rawat inap umum di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari tahun 2019. Indonesian Journal of Health and Medical, 1(2), April. E-ISSN: 2774-5244.

Notoatmodjo. (2012) Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta Halaman 22

Permenkes. (2017). Sterkwerkende Geneesmiddelen Ordonanntie, Staatsblad 1949:419); Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Apotik, 1–36.

Republik Indonesia. (2003). Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. Sekretariat Negara.

Rofiah, C., & Wahyuni, D. (2017). Kualitas pelayanan dan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan di Bank Muamalat Jombang. STIE PGRI Dewantara Jombang, STKIP PGRI Jombang

Sinollah, & Masruro. (2019). Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Toko Mayang Collection cabang Kepanjen). Jurnal Dialektika, 4(1), 45–64.

Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: ALFABETA

Syifauddin, M. R., Hatta, I. H., & Sarnianto, P. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Apotek Di Kecamatan Serang. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 6(2), 243–258. https://doi.org/10.35814/jrb.v6i2.4640

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi. Halaman 89-107

Vidiarti, R., Mahardian.K, A., & fungie galistiani, G. (2012). the Effect of Service Quality on Customer Loyalty of Mandiri Bank Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 1(1), 157–167.

Zulkifly, Z. A., Brasit, N., Alhaqqi, M. S., & Adelia, S. (2022). Analisis Peningkatan Kualitas Layanan Mobile Banking dengan Pendekatan Metode E-Servqual. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 19(1), 61–79. https://doi.org/10.26487/jbmi.v19i1.21337




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/phrase.v5i1.1077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.