PENGARUH TERAPI SUPORTIF KELOMPOK TERHADAP PENGETAHUAN KELUARGA MELATIH PERAWATAN DIRI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 01 JAKARTA
Abstract
ABSTRAK
Salah satu gangguan pada anak tunagrahita adalah pemenuhan kebutuhan perawatan diri. Peran keluarga merawat anak tunagrahita akan berdampak pada tingkat kemandirian perawatan dirianak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi suportif kelompok terhadap pengetahuan dan motivasi keluarga dalam melatih perawatan dirianak tunagrahita di SLB Negeri 01 Jakarta. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan rancangan non randomized without control pretest-posttest design dengan jumlah sampel 64 responden secara purposive sampling. Responden dibagi dalam 4 kelompok yang mendapatkan terapi suportif kelompok sebayak 5 kali intervensi, dengan menggunakan video dan praktek mandiri. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata skor pengetahuan dan motivasi pada ke empat kelompok (p=<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi suportif terhadap pengetahuan orang tua terhadap perawatan diri anak tunagrahita. Pemberian terapi suportif kelompok dapat diterapkan sebagai salah satu intervensi keperawatan untuk meningkatkan pengetahuan keluarga dalam merawat diri anak tunagrahita.
Kata Kunci: terapi suportif kelompok, perawatan diri, tunagrahita, pengetahuan.
ABSTRACT
One of the disturbance in mentally retarded children is fulfilling the needs of selves-care. The family role in taking care the mentally retarded children will impact on the children selves-care indepence. The objective of this study is to determine the effect of group suportive Therapy on knowledge family in training mentally retarded children in SLB Negri 01 Jakarta. The design used in this study is Quasi Experiment with non-randomized design without control pretest-postest design with number of samples is 64 respondents of purposive sampling, who are devided into 4 groups. The groups will obtain supportive group therapy intervention 5 times using video and practice independently. The result of the study shows the increasing scores rate of knowledge and motivation in the four groups (p=<0,05), so it can be concluded that there is an effect of of supportive therapy on knowledge parent towards mentally retarded children selves-care . The giving of group supportive therapy can be one of the nursing intervention to improve knowledge family in taking care mentally retarded children.
Keywords : supportive therapy groups, self care, mentally retardation and knowledge
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Appelbaum,A.H.(2005).Supportivetherapy4.http://www.focus.psychiatryonline.org/cgi, diperolehtanggal 2 Februari 2017
Ashman,A.,&Elkins,J.(1998). Educatingchildrenwithspecialneeds(3red.).Australia: Prentice Hall
Astati. (2003). Programkhususbinadiri,pelatihanprogramgurukhususbagiguru. SLB/SLB tingkatnasional. Depdiknas – Direktorat PLB
Bedell, J.R., dkk. (1997).Current approaches to assessment and treatment of person with serious mental illness, 70, http://www.psychosocial.com/ research/current.html, diperoleh tanggal 2 Februari 2017.
Boyd,M.A., &Nihart, MA. (1998).Psychiatric nursing contemporary practise, Philadelphia: Lippincott
Brooks,J. (2008). The process of parenting (7th ed.). New York : McGraw-Hill. Chien,W.T.&Wong,K.F.(2007).Afamilypsychoeducationgroupprogramforchinese people with schizophrenia in Hong Kong. Psychiatric Services. Arlington. www.proquest.com.pqdauto. Diperolehtanggal 2 Februari 2017
Chien, W.T., Chan, S.W.C., dan Thompson, D.R. (2006). Effects of a mutual support group for families of chinese people with schizophrenia: 18-Months follow- up. http://bjp.rcpsych.org, diperoleh tanggal 2 Februari 2017.
Cronbach, L.J. (1990). Essentials of psycological testing (5thed).New York:Hapercollinspublication
Crews. N.J (2002). Bukupegangan guru untukanakcacat. Jakarta: Yayasan PendidikanDwitunaRawinala
Depkes RI. (2010). Risetkesehatandasar 2007. Jakarta. BadanPenelitiandanPengembanganKesehatanRepublik Indonesia.
Hockenberry & Wilson. (2009). Wong: Essentials of pediatric nursing 8 ed. Philadelphia: Mosby Elsevier
Kaplan, R.M. & Dennis P.S. (2001). Psychological testing: principles, aplications, and issues (5th ed). California: Wadsworth / Thomson Learning.
Notoatmodjo,S. (2012). Metodologipenelitiankesehatan.Jakarta : PT RinekaCipta.
Mangunsong,F.,dkk(1998).Psikologidanpendidikananakluarbiasa. Depok: LPSP3 UI
Rocland, L.H. (2003). Supportive therapy, New York : Oxford Publicity Partnership
Sadock BJ, Sadock VA. (2007). Kaplan & Sadock’s Synopsis of Psychiatry. Behavior Sciences/Clinical Psychiatry. 10
Santrock, J.W.(2006). Life-span developmant (10th edition). New York, Mc Grow Hill
Stuart,G.W.,andLaraia,M.T.(2005).Principlesandpracticeof psychiatric nursing (7thed.). St. Louis : Mosby Year B.
Tomey, A. M. &Alligood, M. R. (2010).Nursing theorist and their work (6th edition).USA : Mosby Elsevier.
Townsend,C.M.(2005).Essentialsofpsychiatricmentalhealth nursing (3thEd.).Philadelphia: F.A. Davis Company.
Videbeck, SL. (2008). Buku ajar keperawatan jiwa. Jakarta: EGC
Wong. D., et al. (2009).Buku ajar keperawatan pediatric.(Edisi 6) Volume 2.Alihbahasa Hartono, A., Kurnianingsih, S. &Setiawan.Jakarta : EGC
WHO.(2010).Spesialneedschildreen.http://www/who.int/mediacentre/. Diaksestanggal 15 Maret 2017.
YayasanPendidikanDwituna Rawinala. (2008). Lentera: light of the heart(vol.1,Issue 1).
DOI: http://dx.doi.org/10.52031/edj.v3i1.21
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Ni Bodro Ardi
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 089529263441
Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat by the Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang is distributed under the Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Based on the work at http://openjournal.wdh.ac.id/.