DETERMINAN STIGMA INTERNAL PADA CAREGIVER ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SLB ABC TUNAS KASIH 1 LEUWILIANG KABUPATEN BOGOR
Abstract
Menurut WHO (2020), internal stigma adalah orang diberi label, stereotip dan didiskriminasi karena dikaitkan dengan suatu penyakit. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) (2019), jumlah penyandang disabilitas di Kabupaten Bogor mencapai 7.358, dimana 1.025 adalah anak-anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya stigma internal pada caregiver ABK di SLB ABC Tunas Kasih 1 Leuwiliang Kabupaten Bogor. Metode penelitian kuantitatif dengan desain studi cross-sectional, jumlah sampel sebanyak 52 responden. Analisis data dalam analisis bivariat menggunakan uji chi-square dan analisis multivariat menggunakan uji binary logistik. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan dengan stigma internal (p-value 0,040), terdapat hubungan antara persepsi dengan stigma internal (p-value 0,001), tidak terdapat hubungan antara resiliensi dengan stigma internal (p-value 0,103), tidak terdapat hubungan antara beban keluarga dengan stigma internal (p-value 0,873), terdapat hubungan antara quality of life dengan stigma internal (p-value 0,021). Kesimpulan pengetahuan dan persepsi merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap terjadinya stigma internal pada caregiver anak berkebutuhan khusus (ABK) di SLB ABC Tunas Kasih 1 Leuwiliang Kabupaten Bogor karena memiliki nilai p-value<0,05. Saran dapat menambah wawasan dan pengetahuan kepada orang tua tentang faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi stigma internal pada mereka sebagai caregiver ABK sehingga caregiver dapat mengurangi stigma internal yang mereka miliki.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, N., & Amalia, D. R. (2020). Pemenuhan Hak Asasi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Persepektif HAM & Pendidikan Islam di MINU Purwosari Metro Utara. (Attractive vol.2, no. 35, 2020). Doi: 10.51278/AJ.V2I1.37
Ariviani, I. N. (2019). Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kualitatif Proses Pemaknaan dan Stigmatisasi pada Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus di Surabaya) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).
Donsu, J. D., & Amini, R. (2017). Perbedaan teknik relaksasi dan terapi musik terhadap kecemasan pasien operasi sectio caesaria. Jurnal Vokasi Kesehatan, 3(2), 57.
Erwina, I. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Minum Obatpasien Skizofrenia di RSJ. Prof. dr. HB. Saanin Padang. Jurnal Ners Keperawatan, 11(1).
Lestari, W., & Wardhani, Y. F. (2014). Stigma dan penanganan penderita gangguan jiwa berat yang dipasung (Stigma and management on people with severe mental disorders with “Pasung”(physical restraint)). Buletin penelitian sistem kesehatan, 17(2), 157-166.
Megana Lova Wijaya, Laura Khattrine Noviyanti, & Sri Hartini. (2023). Gambaran Resiliensi dan Kebersyukuran Caregiver pada Anak yang Mengalami Down Syndrome di Wilayah Kota Semarang. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Gizi, 2(1), 85–93. https://doi.org/10.55606/jikg.v2i1.2108
Morgades-Bamba, C. I., Fuster-Ruizdeapodaca, M. J., & Molero, F. (2019). Internalized stigma and its impact on schizophrenia quality of life. Psychology, health & medicine, 24(8), 992–1004. https://doi.org/10.1080/13548506.2019.1612076
Mulyana, S., Mariyati, M., & Kustriyani, M. (2019). Hubungan Stigma Masyarakat Dengan Beban Keluarga Yang Memiliki Anak Retardasi Mental Di Slb Negeri Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Widya Husada. https://journal.uwhs.ac.id/index.php/psnwh/article/view/242
Nida, F. L. K., & Hidayati, I. (2024, January). Mengukuhkan Resiliensi, Menghalau Stigmatisasi: Potret Upaya Pencapaian Kesehatan Mental Penyandang Disabilitas Netra di Kudus. In International Conference on Interdisciplinary Gender Studies (Vol. 6, No. 1, pp. 140-166).
Rajan, A., Srikrishna, G., dan M., Romate, J., (2016). Ketahanan Orang tua yang memiliki anak-anak dengan disabilitas intelektual: Pengaruh orang tua dan anak terkait faktor demografi. Indian Jurnal Kesehatan dan Kesejahteraan, 7(7), 707-710.
Rani, A., Thomas, P.T. (2019). Stress and perceived stigma among parents of children with epilepsy. Neurol Sci 40, 1363–1370 (2019). https://doi.org/10.1007/s10072-019-03822-6
Reswara, A. M. D. (2019). Hubungan antara kebersyukuran dan resiliensi pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus (Doctoral dissertation).
Rezieka, D. G., Putro, K. Z., & Fitri, M. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi ABK. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 40-53. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/10424
Riskesdas, L. N. (2018). Kementerian Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Ritonga, A. P., & Nsution, J. S. (2023). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Anak Berkebutuhan Khusus, Faktor, Klasifikasi. Edu Manage-Journal of STAI Nurul Ilmi Tanjungbalai, 2(2).
Rodney, T. (2022). Depressive symptoms, social support, cognitive function, and stigma: predictors of resilience in caregivers of children with intellectual disabilities. Frontiers of Nursing, 9(4), 361-369.https://doi.org/10.2478/fon-2022-0046
Safitri, H., & Solikhah, U. (2020). Hubungan antara dukungan sosial dengan kemampuan interaksi sosial anak berkebutuhan khusus di SLB C Yakut Purwokerto. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. https://doi.org/10.30651/jkm.v0i0.5619
Sari, D.M., Yusuf, M., & Supriyadi. (2022). Relationship between knowledge and attitude towards children with special needs with caring behavior in FKIP UNS students who take inclusive education courses in 2020/2021. Journal of Disability, 2 (1), 25-30. https://doi.org/10.20961/jod.v2i1.67284.
Thamm, Carla, Mc Carthy, Alexandra L, & Yates, Patsy (2023). A Discourse Of Deviance: Blame, Shame, Stigma And The Social Construction Of Head And Neck Cancer.. Qualitative Health Research, 2147483647, ISSN 1049-7323, https://doi.org/10.1177/10497323231213819
Tkach, E., & Ortega, Е. N. M. (2020). Manifestations of the viability (resilience) of parents raising children with disabilities. In E3S Web of Conferences (Vol. 210, p. 20022). EDP Sciences. doi:10.1051/e3sconf/202021020022
Tyler, I. (2020). Stigma: The machinery of inequality. Bloomsbury Publishing.
UNESCO. (2020). Rangkuman Laporan Pemantauan Pendidikan Global. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000373721_ind
Ungar, M. (2008). Resilience across cultures. British journal of social work, 38(2), 218-235.
Wardhani, M. K. (2020). Persepsi dan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus dalam Konteks Sekolah Inklusi. Scholaria: Jurnal
DOI: http://dx.doi.org/10.52031/edj.v9i1.1004
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Intan Tiara, Rita Dwi Pratiwi, Dini Arum Alita, Humaira Fadhilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 089529263441
Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat by the Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang is distributed under the Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Based on the work at http://openjournal.wdh.ac.id/.